Mengenal Profesi Auditor Beserta Jenisnya

Perusahaan yang berskala besar dan memiliki struktur yang kompleks pada umumnya membutuhkan jasa auditor. Jasa audit sering didefinisikan sebagai sebuah pekerjaan yang berfungsi untuk menyatakan pendapat mengenai laporan keuangan perusahaan.

https://auditakuntansi.com/

Adanya pernyataan dari jasa audit yang menangani sebuah perusahaan digunakan untuk memberikan laporan kepada berbagai pihak yang berkepentingan. Contohnya saja para stakeholder, masyarakat, Bank, dan lain sebagainya.

Ada berbagai jenis jasa auditor yang ada di dunia perekonomian. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Jenis-Jenis Audit Untuk Perusahaan

Audit yang dilaksanakan oleh jasa audit seringkali dibedakan berdasarkan tujuan yang akan dicapai. Berikut ini beberapa jenis audit yang biasanya dilakukan pada sebuah perusahaan :

  1. Menurut jenis pemeriksaannya

Sebuah kegiatan audit bisa dibedakan berdasarkan metode audit yang dilaksanakan. Berdasarkan jenis pemeriksaannya, audit dibagi menjadi :

  • Management Audit : inspeksi kegiatan manajerial yang dilaksanakan oleh perusahaan. Baik itu dari segi kebijakan operasional, kebijakan finansial, dan lain sebagainya.
  • Compliance Audit : pengecekan tingkat ketaatan yang dilakukan oleh perusahaan terhadap peraturan yang telah disepakati bersama. Peraturan itu bisa menyangkut kegiatan produksi, arus keuangan, dan lain sebagainya.
  • Internal Audit : dilaksanakan untuk mengecek kesesuaian laporan keuangan dengan arus keuangan yang sebenarnya terjadi di dalam perusahaan.
  • Computer Audit : jenis kegiatan audit yang satu ini dilaksanakan oleh auditor eksternal yang tergabung dalam Kantor Akuntan Publik (KAP) dengan sebuah sistem elektronik khusus.
  1. Menurut cakupan pemeriksaannya

Jenis audit juga dapat dibagi berdasarkan luas pemeriksaannya. Berikut ini jenis audit berdasarkan kategori tersebut :

  • General Audit : pemeriksaan yang dilakukan oleh KAP secara keseluruhan.
  • Special Audit : pemeriksaan yang terbatas berdasarkan permintaan auditee, dengan cakupan objek pemeriksaan yang terbatas.

Nah, berbagai jenis audit di atas baisanya dilakukan oleh auditor yang bertugas untuk para perusahaan auditee. Bagi para akuntan publik, menjadi seorang audit internal maupun auditor eksternal sama-sama memiliki keuntungan. Tergantung dari kemauan kalian untuk melaksanakan tugas sepenuh hati.